Bagaimana Cara Kerja Blogger?  Ini Ulasan Lengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Blogger? Ini Ulasan Lengkapnya

Cara Kerja Blogger
Blogger memudahkan untuk menyisipkan dan mengedit foto dalam posting Anda.


Apa Itu Blogger?


Blogger adalah platform blog gratis yang dirancang untuk kemudahan. Karena dimiliki oleh Google, pengguna dapat menautkannya ke berbagai produk Google lainnya , seperti situs berbagi foto Picasa dan jejaring sosial Google+ . Dengan menggunakan opsi desain blog dasar, Anda dapat mengaktifkan dan menjalankan blog baru dalam waktu kurang dari 10 menit. Lewat layanan blogger gratis ini,  memungkinkan anggota untuk berbagi teks, foto, dan video.

Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs di San Francisco pada Agustus 1999 dan dibeli oleh Google pada Februari 2003. Pada 2004, Google membeli Picasa dan utilitas berbagi foto, Halo, mengintegrasikan keduanya ke Blogger. Pada tahun 2009, Google memperkenalkan sejumlah fitur baru, termasuk penandaan geografis, pengeditan tautan dalam Tampilan Tulis (tidak hanya HTML ), dan perkiraan lebar dan ukuran dalam mode Pratinjau.

Saat ini, Blogger menawarkan blog pribadi dan multi-pengguna dengan templat yang disesuaikan , entri bertanda waktu, halaman arsip , kemampuan berkomentar, dan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan dari Google AdSense . Blogger juga menyediakan anggota dengan "BlogThis!" Fitur Google Toolbar, add-in Blogger untuk Word untuk Microsoft Word dan kemampuan untuk menambahkan posting Blogger ke akun Google+ . Blogger Mobile tersedia untuk perangkat seluler Android dan iOS .

Kesederhanaan Blogger tidak membatasi apa yang bisa dicapai oleh pengguna yang lebih berpengalaman dengannya. Menggali lebih dalam kemungkinan penyesuaian memungkinkan Anda membuat desain blog yang benar-benar unik sambil mempertahankan kemudahan penggunaan yang disediakan Blogger backend (panel kontrol tempat Anda mendesain blog dan membuat posting).

Mendaftar ke Blogger itu mudah. Jika Anda sudah memiliki akun Google (yaitu alamat Gmail), maka Anda hanya perlu pergi ke blogger.com dan mengaktifkan Blogger di akun Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google, Anda harus membuatnya. Dari sana, Anda dapat menautkan blog Blogger Anda secara opsional ke akun Google+ Anda, atau membuat "profil terbatas" yang akan membuat blog Anda secara anonim tanpa dihubungkan kembali ke identitas Anda melalui Google+. Produk Google lainnya yang terintegrasi dengan Blogger, seperti Picasa atau Google AdSense, akan secara otomatis ditautkan ke blog Blogger Anda. Anda mungkin harus masuk dan mengaktifkan layanan tersebut, dan beberapa di antaranya mungkin memerlukan pendaftaran terpisah, tetapi jika tidak, mereka sepenuhnya terintegrasi.

Pengaturan Blogger default adalah untuk Google untuk meng-host blog Anda secara gratis. Ini akan memiliki URL berdasarkan nama yang Anda pilih untuk blog dengan format berikut: [nama blog Anda] .blogspot.com. Jadi jika Anda membuat blog bernama "I Love Puppies," alamat webnya adalah ilovepuppies.blogspot.com. Untuk biaya pendaftaran yang kecil ($ 10 per tahun), Anda dapat mendaftarkan domain Anda sendiri sehingga blog Anda akan muncul di www [nama blog Anda] .com - dan Google akan tetap meng-host blog Anda secara gratis. Google membuat proses ini cukup sederhana. Anda juga dapat menggunakan host lain untuk blog Blogger Anda; proses ini sedikit lebih rumit, tetapi Google menawarkan petunjuk langkah demi langkah. Sekarang mari kita bicara tentang cara menambahkan posting dan halaman ke blog Anda.

Cara Menambahkan dan Menghapus Posting dan Halaman Blogger


Menambahkan posting baru ke Blogger sangat sederhana. Di panel admin Blogger, ada tombol oranye di kiri atas berlabel "Posting Baru." Tekan tombol itu dan itu membawa Anda ke bentuk di mana Anda dapat memasukkan posting Anda.

Ada ruang di bagian atas tempat Anda dapat memasukkan judul untuk posting. Judul ini akan muncul di bagian atas posting dan di halaman depan blog . Jendela entri entri utama pada dasarnya adalah pengolah kata. Anda memasukkan teks Anda dan memformatnya dengan berbagai tombol, membuat kata-kata menjadi tebal, miring, warna berbeda, menambahkan tautan, daftar peluru dan sebagainya. Anda juga dapat menyisipkan lompatan istirahat - semua yang ada di atas jeda akan muncul di halaman depan, sedangkan sisa pos hanya akan muncul jika seseorang pergi ke pos tertentu.

Jika Anda lebih suka memformat posting Anda secara langsung menggunakan HTML, opsi itu juga tersedia. Anda bahkan dapat beralih antara editor HTML dan WYSIWYG (Apa yang Anda Lihat Adalah Apa yang Anda Dapatkan).

Menambahkan halaman ke blog Blogger mirip dengan menambahkan posting. Dari panel admin, temukan tautan "Halaman" di sebelah kiri. Itu akan membuka daftar halaman saat ini, dan tombol berlabel "Tambah Halaman Baru." Anda dapat membuat dan memformat halaman baru seperti pos. Perbedaan utama adalah bilah tab di bagian atas blog Anda. Jika Anda membuka halaman depan blog Anda, Anda akan melihat bilah yang memiliki, tergantung pada pengaturan dan desain blog Anda, sebuah tautan yang disebut "Rumah." Halaman baru akan muncul di bar itu. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan halaman "Tentang", sebuah FAQ, atau serangkaian halaman kategori. Anda juga dapat mengubah perilaku bilah ini dan bagaimana halaman muncul di dalamnya melalui dialog "Tampilkan halaman sebagai".

Menghapus posting dan halaman itu mudah. Ada opsi "hapus" yang tersedia untuk setiap posting dan halaman di panel admin.

Anda mungkin ingin menambahkan lebih dari teks ke posting blog Anda. Di bagian selanjutnya, kita akan melihat bagaimana Blogger menangani foto.

Cara Mengedit Foto di Blogger


Toolbar Posting Baru menyertakan tombol yang memasukkan gambar ke dalam pos. Ada sejumlah cara untuk menyiapkan dan mengambil gambar. Anda dapat menyesuaikan dan mengubah ukuran gambar dalam editor gambar mandiri seperti Photoshop atau Gimp. Anda dapat mengunggah foto dari komputer atau perangkat lain, atau mengarahkan ke gambar yang sudah ada di web.

Karena Blogger terintegrasi dengan Picasa, Anda sebenarnya dapat menangani semua gambar Anda melalui akun Picasa Anda. Dialog Sisipkan Gambar memungkinkan Anda menarik gambar ke blog langsung dari salah satu folder Picasa Anda. Sebaliknya, jika Anda mengunggah gambar dari komputer Anda ke blog Anda, itu akan secara otomatis ditempatkan di folder Picasa. Picasa juga memiliki fungsi pengeditan gambar bawaan, yang akan memungkinkan Anda memotong, mengubah ukuran, dan melakukan pengeditan lainnya pada gambar sebelum Anda mempostingnya ke Blogger.

Perhatikan bahwa jika Anda mengedit gambar dengan Picasa setelah diposting ke blog Anda, versi lama gambar di blog tidak akan menampilkan hasil edit. Anda harus menghapus versi lama secara manual dan menyisipkan versi yang diedit.

Setelah Anda memasukkan gambar ke dalam posting Blogger Anda, ada beberapa opsi yang tersedia yang memungkinkan Anda mengontrol perataan gambar. Ini dapat dipusatkan atau ditempatkan di kedua sisi (dengan teks di sebelahnya), dan Anda dapat menyesuaikan ukurannya.

Ingin membuat tampilan yang lebih unik dan menarik untuk blog Anda? Baca 4 Situs Download Template Blogger Gratis Dan Profesional

Cara Memasang Template Blogger Kustom


Ada beberapa cara untuk menyesuaikan blog di Blogger, dan kebanyakan dari mereka melakukan dengan cara yang cukup sederhana.

Untuk memulai, buka halaman admin dan klik link "Template" di sebelah kiri. Tekan tombol kustomisasi. Ini membawa Anda ke halaman pengaturan template. Anda dapat memilih dari berbagai templat yang ada di Blogger, dan Anda dapat memilih banyak latar belakang yang berbeda untuk mengubah tampilan template blogger anda. Bahkan anda dapat mengunggah gambar latar belakang dan gambar tajuk Anda sendiri.

Perancang template memiliki kontrol sederhana untuk menyesuaikan lebar berbagai elemen blog Anda dan bergeser di sekitar tata letak elemen blog, dan tab lanjutan memungkinkan Anda mengubah warna setiap elemen terakhir blog. Semua perubahan yang Anda buat dapat dilihat saat Anda membuatnya, sebelum Anda menyelesaikannya dan membuatnya aktif di blog itu sendiri.

Salah satu cara paling ampuh untuk menyesuaikan blog di Blogger adalah dengan mengunggah templat blog khusus. Informasi tentang desain blog disimpan dalam file xml. Ini memungkinkan Anda untuk mencadangkan desain blog Anda dengan menyimpan file xml ke komputer Anda.

Tetapi ada cara yang lebih menarik untuk menggunakan file xml dengan Blogger. Ada banyak templat blog khusus gratis yang dirancang untuk digunakan dengan Blogger yang tersebar di seluruh web. Ketika Anda mengunduh salah satu templat ini, Anda akan mendapatkan file xml (biasanya berisi file zip atau rar). Untuk menginstalnya, buka tab Template di panel admin. Di kanan atas Anda akan menemukan tombol yang disebut "Backup / Restore." Tekan tombol itu.

Di mana dikatakan, "Unggah templat dari file di hard drive Anda ," tekan Browse dan temukan file xml di mana pun Anda menyimpannya di komputer Anda. Lalu tekan "Unggah" dan Anda selesai. Hanya butuh beberapa detik.

Cara Kerja Blogger


Saya telah menjalankan situs saya sendiri selama bertahun-tahun menggunakan layanan blog gratis, tetapi belum pernah mencoba wordpress. Meskipun blogger tidak sefleksibel atau sekuat Wordpress, terutama ketika Anda mempertimbangkan ribuan plugin yang tersedia untuk Wordpress, saya cukup terkesan oleh Blogger. Sangat mudah diatur dan dijalankan, tetapi banyak kedalaman jika Anda ingin menggali dan menyesuaikannya. dan yang terpenting adalah biaya yang anda keluarkan di blogger sangat minim.

You may like these posts